Pages

Tips Mengemudi Jarak Jauh

Persiapan mengemudi jarak jauh tidak kalah pentingnya dengan persiapan kendaraannya. Rifat Sungkar, pereli dan pemerhati otomotif Indonesia, berbagi tips bagi para pengemudi yang akan pulang kampung.
 
Persiapan mesin ketika berkendara jarak jauh memang penting, tetapi pengemudinya sendiri juga penting dan perlu diperhatikan. Kenyamanan dalam mengemudi harus tetap diutamakan.
Visibilitas yang baik ketika mengemudi merupakan hal yang penting bagi kenyamanan pengemudi. Pandangan yang terganggu oleh air, debu, dan lumpur akan sangat berbahaya dan beresiko menimbulkan kecelakaan. Satu elemen yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi masalah ini adalah wiper.
Pastikan posisi air wiper jatuh tepat di titik jarak pandang mata. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kondisi dan umur wiper, apakah perlu diganti atau tidak..
Berkendara dalam waktu lama dapat membuat pengemudi jenuh dan membuat konsentrasi semakin menurun, terutama bila ditambah dengan rasa lelah dan ngantuk yang bertumpuk. Hiburan dalam kendaraan merupakan satu hal yang baik untuk menjaga mood dan menjauhkan diri dari kejenuhan. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih hiburan yang dapat mengganggu konsentrasi mengemudi.
Tipe hiburan yang saya anjurkan adalah musik, karena tidak mengganggu konsentrasi dan mudah dioperasikan. Ritme musik yang diperdengarkan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai karena mendengarkan musik yang bertempo cepat, kita akan memacu mobil terlalu kencang..
Sedia air putih di dalam kendaraan. Air bukan hanya sekadar sebagai pelepas dahaga, tetapi saat pengemudi mulai lesu dan ngantuk, minum air putih dapat menyegarkan.
Sikap pengemudi ketika berkendara sangat penting demi kenyamanan dan keselamatan berkendara, tidak hanya ketika berkendara jarak jauh atau mudik, namun juga untuk segala situasi berkendara.
Hal yang pertama, si pengemudi harus memastikan apakah dirinya mampu untuk mengemudikan kendaraan dengan pertimbangan jenis dan kondisi kendaraan, jarak tempuh dan tujuan, dan kapasitas kendaraan.
Attitude itu paling penting dalam mengemudi. Perhatikan rambu lalu-lintas dan hargai orang lain. Pengemudi yang terlalu agresif atau pun terlalu kalem juga tidak baik.
Menurut Rifat, laju lalu-lintas memiliki fase atau ritmenya. Pengemudi yang terlalu agresif ataupun terlalu kalem dapat mengggangu fase atau ritme berkendara pengemudi lain dan mereka mungkin tidak dapat mengikuti atau bereaksi.
Demikianlah beberapa tips dari Rifat Sungkar bagi anda yang akan melakukan perjalanan pulang kampung. Semoga anda selamat sampai di tujuan.

 Tips ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
( Sewa Mobil Murah Di Cirebon - Rental Mobil Murah Di Cirebon )
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 082128867878 / 081298476511
www.sewamobilcirebon.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Happy Car Rental
- Powered by - Blogger