Pages

Mengunjungi Alun-Alun Bandung

Bandung adalah ibukota dari provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan keunikan fashion, kuliner, dan lifestyle-nya. Setiap tahun, Kota Bandung selalu didatangi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bandung termasuk salah satu kota penuh cerita sejarah. Dahulu kala, Kota Bandung sudah menjadi tempat berbagai pertempuran melawan kolonialisme, dan tempat berlangsungnya konferensi Asia-Afrika.

Dengan menjadi kota metropolitan, Kota Bandung dituntut untuk terus berkembang dari berbagai aspek. Kota Bandung juga semakin “berlenggang” di panggung pariwisata. Selain menarik wisatawan dengan kreatif dan menariknya fashion, kuliner, dan lifestyle Kota Bandung, kota ini juga semakin merawat dan membuat tempat-tempat wisata yang menarik. Kota Bandung juga dikenal sebagai kota yang melestarikan dan merawat tempat-tempat bersejarah. Hal ini dapat dilihat dari  bentuk bangunan yang ada di Kota Bandung yang masih mempertahankan arsitektur zaman kolonial Belanda. Selain itu juga banyak tempat wisata yang dibangun secara alami oleh alam, seperti Tangkuban Perahu, pemandian air panas Ciater, Kawah Putih, dan lain-lain.

Kota Bandung juga sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat memiliki sebuah tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi dan sebagai pusat berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas pemerintahan, olahraga, perdagangan, perkumpulan, rekreasi, dan lain-lain. Tempat tersebut adalah alun-alun, lapangan luas yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan pusat pemerintahan, peribadatan, pasar, dan lain-lain. Masyarakat Bandung menjadikan alun-alun sebagai ruang publik terbuka umum yang disediakan oleh pemerintah kota. Warga pun menjadikan Alun-Alun sebagai jantung kota dan sangat membanggakannya. Berbagai acara-acara besar yang sifatnya formal maupun non formal banyak diadakan di alun-alun ini.

Jika mengunjungi Alun-Alun Bandung, Anda akan melihat pedagang-pedagang kaki lima yang menjual kuliner khas Bandung yang unik-unik, merchandise khas Bandung, pakaian, dan barang-barang lainnya. Harga yang ditawarkan tentu saja sangat affordable, jadi Anda tak perlu khawatir jika berbelanja terlalu banyak. Selain berbelanja, Anda juga dapat menonton film yang diputar si bioskop terdekat, berolahraga di fasilitas olahraga, dan bahkan menikmati tempat permainan yang disediakan di sekitar alun-alun. Sungguh tempat ini seperti one-stop entertainment.

Ada banyak bangunan dengan berbagai fungsi yang mengelilingi Alun-Alun Bandung. Anda dapat mengunjunginya sebagai alternatif wisata yang ada di alun-alun ini. Tempat-tempat tersebut yaitu:
Masjid Raya Bandung
Masjid ini adalah masjid kebanggaan warga Bandung. Masjid ini memiliki menara kembar setinggi 81 meter  yang dapat kita kunjungi dan menikmati pemandangan dari atas twin tower ini dengan membayar karcis seharga Rp. 2000,- saja. Masjid ini terletak di pusat kota karena sebagai simbol bahwa Kota Bandung adalah kota yang agamis dan beriman.
Pasar Baru Bandung
Pasar Baru ini adalah pasar modern yang tidak kalah bagusnya dengan mall-mall yang ada di Bandung. Pasar ini ketika tahun 1935 dinobatkan sebagai pasar terbersih dan teratur se-Hindia Belanda, dan sekarang pun masih tetap seperti itu. Di pasar ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis barang seperti pakaian, cindera mata, barang elektronik, dan lain-lain.
Museum Sri Baduga
Museum ini sebelumnya adalah bekas bangunan dari Kawedanan Tegallega, dan diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980. Museum ini memiliki 3 lantai yang siap membantu Anda untuk mengenal sejarah dan budaya Kota Bandung. Di lantai 1 ditampilkan kekayaan alam Bandung. Lalu di lantai 2 ditampilkan profil masyarakat tradisional Sunda dan hasil budayanya. Sedangkan di lantai 3 ditampilkan penataan ruang yang ada di suatu rumah masyarakat Sunda. Museum ini buka setiap hari Senin-Jumat 08.00-15.00, dan Sabtu-Minggu 08.00-14.00.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Happy Car Rental
- Powered by - Blogger