Pages

Tips Merawat Cat Mobil Hitam



Merawat cat mobil warna hitam tidak semudah warna lain. Debu tipis saja di atas permukaan cat hitam dapat kelihatan sehingga mobil jadi terlihat jorok. Termasuk juga jamur yang membandel dan membuat mobil tampak kusam. Untuk itu diperlukan perawatan telaten.

Warna hitam termasuk masih favorit. Diyakini hitam membuat tampilan terlihat lebih mewah, misterius bahkan lebih seksi. Nah, ketika memutuskan untuk membeli mobil black, Anda perlu melakukan perawatan ekstra. Salah satunya membawa ke salon mobil.

Namun kenyataannya, banyak salon poles mengaku mobil hitam paling susah dipoles. Kalau polesnya tidak bagus hasilnya masih kayak ada bayangan (kabut) alias warna hitamnya tidak keluar.

Poles itu sendiri adalah proses menghilangkan baret atau jamur pada permukaan bodi kendaraan, sehingga permukaan cat kembali berkilau. Nah, khusus cat hitam, ada perlakuan tersendiri dengan poroduk yang khusus pula.

Salah satunya paket Black Box keluaran Turtle Wax yang punya 3 macam cairan dan 2 buah busa/sponge (Gbr.1). Step pertama, tuang cairan Pre-Wax Cleaner pada alat penggosok. Cukup digosok tangan (Gbr.2). Diamkan sejenak lalu dilap pakai bahan microfiber sampai bersih. Lanjutkan menyemprot Black Spray Detailer dan dilap lagi.

Langkah berikutnya, gosok pakai cairan Black Carnauba Blend Wax untuk membuat permukaan cat berkilau. Tunggu sekitar 1 jam. Semprot lagi Black Spray Detailer secara merata lalu dilap kembali (Gbr.3).

Proses di atas, cukup lakukan sekali pengerjaan. Indikasinya kalau cat sudah terlihat bening (berkilau). Periode perawatan tergantung pemakaian, misal sering diparkir di bawah pohon, penggunaan sampo cuci mobil atau bahan lap yang dipakai. Sebaiknya 4 bulan sekali.

Terutama saat musim hujan ini. Kalau habis kena hujan, tidak sampai satu hari mobil langsung dicuci dengan air bersih. Karena air hujan di sini zat asamnya tinggi yang bisa merusak cat.
Untuk permukaan cat yang sudah kusam yang parah, sebaiknya gosok lebih dulu dengan cairan Rubbing Compound. Prosesnya bisa menggunakan mesin (Gbr.4). Namun jika sering dirawat, cukup pakai paket Black Box itu.

Jika mobil kena hujan, dicuci, dan setelah dikeringkan, semprotkan Black Spray Detailer saja. Kalau cairan ini habis, bisa dibeli terpisah.

Proses pengerjaan satu bodi, terutama yang sudah kusam parah dan berjamur, perlu waktu seharian agar warna hitamnya kembali berkilau. Bisa dilakukan sendiri tanpa pergi ke salon mobil.

Perawatan mobil warna hitam yang semula dianggap sulit, kini jadi lebih mudah jika mengetahui proses kerja dan penggunaan cairan khususnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Happy Car Rental
- Powered by - Blogger