Pages

Wisata Batik Trusmi

Trusmi sejatinya merupakan nama sebuah kampung bagian dari kecamatan Plered, kabupaten Cirebon. Kampung Trusmi saat ini terkenal sebagai pusat kerajinan batik Cirebon. Tidak hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke sini, banyak juga wisatawan asing ikut berburu batik Cirebon dengan harga yang relatif murah.

Nama Trusmi itu sendiri berasal dari nama seorang tokoh Islam yang konon murid setia dari Sunan Gunung Jati, yaitu Ki Gede Trusmi. Beliau mengajarkan Islam kepada penduduk setempat sekaligus mengajarkan cara membatik. Sampai saat ini makam Ki Gede Trusmi masih terawat dengan baik dan sering digunakan sebagai tempat ziarah.

Kampung Trusmi terletak sekitar 4 km di luar kota Cirebon ke arah Bandung. Apabila anda datang dari Jakarta, gunakan jalur biasa / bukan TOL melewati Palimanan, anda akan melewati desa ini sebelum anda memasuki Kota.

Di sebelah kiri dan kanan sepanjang jalan Syekh Datu Kahfi, Jalan Buyut Trusmi sampai dengan jalan Panembaham, Trusmi, banyak terdapat toko yang menjual aneka Batik Cirebon, seperti motif Mega Mendung dan lainnya. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan bila kita membeli batik di kota Jakarta / Bandung. Toko-toko tersebut terlihat bersih dan sangat terawat, kebanyakan dari mereka meminta kita untuk melepas sepatu / sandal ketika akan masuk. Mereka juga menyediakan air minum dan makanan kecil gratis.

Informasi ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
( Sewa Mobil Murah Di Cirebon - Rental Mobil Murah Di Cirebon )
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Happy Car Rental
- Powered by - Blogger