Pages

Monumen Husein Sastranegara

Monumen Husein Sastranegara merupakan salah satu monumen bersejarah yang ada di kota Bandung yang erat kaitannya dengan salah satu pahlawan indonesia yang bernama Husein Sastranegara. Husein Sastranegara adalah salah seorang di antara tokoh-tokoh yang ikut serta mengabdikan dirinya dalam pembinaan perjuangan bersenjata pada masa-masa revolusi fisik, khususnya dibidang pertahanan udara.
Kekerasan kemauan dan tekadnya serta kerelaan berkorban dem perjuangan telah tercermin dalam diri Husein Sastranegara. Pandangan-pandangannya yang jauh kedepan ikut meletakan pondasi yang penting bagi pembangunan TNI Angkatan Udara, yang kelak menjadi pancangan kaki yang kokoh bagi pengembangan suatu kekuatan Angkatan Udara yang modern di kemudian hari.
Disayangkan bahwa semangat pengabdian dan kesediaan berkorban sebagai patriot tanah air tidak bisa dilaksanakan lebih lama. Husein Sastraneggara hanya dapat menyumbangkan tenaganya bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam waktu setahun lebih sedikit dan hanya dalam waktu lima bulan saja setelah Angkatan Udara RI resmi didirikan. Meskipun kesempatan untuk berbakti kepada tanah air yang dcintainya begitu pendek, tidaklah menghilangkan sama sekali nilai-nilai jasa perjuangannya, terutama dalam masa-masa berkecamuknya perjuangan fisik mati-matian menghadapi agresi Belanda.

Lokasi

Monumen Husein sastranegara yang terletak tepat di depan Bandara Husein Sastranegara.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Happy Car Rental
- Powered by - Blogger